Jakarta penantang terkuat startup di kancah global setara Seoul, Moskow dan Tokyo Peluang Usaha

Jakarta penantang terkuat startup di kancah global setara Seoul, Moskow dan Tokyo

Terakhir diperbaharui: 11 Agustus 2019

BISNIS1.COM -  JAKARTA. Industri startup digital di Tanah Air semakin berkembang pesat. Sejak empat startup asal Indonesia ditetapkan sebagai unicorn dengan valuasi lebih dari US$ 1 miliar, geliat perusahaan rintisan berbasis digital ini semakin bergairah.

Tren bisnis startup digital tengah menjamur di kalangan pengusaha muda.

Baca Juga: Pengamat: Grab perlu tumbuh bersama mitra dan UMKM

Dalam laporan berjudul Global Startup Ecosystem Report (GSER) yang dirilis Startup Genome pada Mei 2019 menyatakan bahwa Jakarta masuk ke dalam urutan ke-33 (The Next Top 30 Global Startup) dengan kategori challenger.

Artinya, Jakarta masuk kategori penantang terkuat sebagai kota dengan ekosistem startup potensial di kancah global, setara dengan Seoul, Moskow, dan Tokyo.

Startup Genome memposisikan Jakarta sebagai ekosistem startup dalam fase “Late-Globalization’. Artinya, posisi Jakarta lebih potensial untuk membangun ekosistem startup dibanding kota-kota yang berada di fase “Early-Globalization” dan “Activation”.

Indonesia dinilai memiliki tingkat adopsi teknologi internet dan mobile yang sangat tinggi. Hal ini terlihat dari 75% transaksi belanja online dilakukan menggunakan perangkat mobile phone.

Baca Juga: Gojek, Alibaba dan Grab dianggap sebagai pesaing bank di Indonesia

Di sisi lain, Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) juga merilis hasil riset posisi industri startup Indonesia pada tahun 2018 lalu.

Sumber: kontan.co.id