Tumbuh Pesat, Omzet Waralaba di RI Capai Rp 172 T/Tahun Waralaba

Tumbuh Pesat, Omzet Waralaba di RI Capai Rp 172 T/Tahun

Pertumbuhan usaha waralaba pada beberapa negara berkembang sangat pesat. Waralaba kian dilirik untuk mengembangkan usaha tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

Berdasarkan data International Franchise Association, di 2014 ada 770.368 waralaba. Di Indonesia tercatat ada 698 waralaba dengan jumlah gerai sebanyak 24.400.

Dari jumlah tersebut, 63% merupakan waralaba lokal dan 37% sisanya merupakan waralaba asing. Usaha waralaba di Indonesia mampu menghasilkan omzet hingga Rp 172 triliun per tahunnya.

"Dari 63% waralaba dan business opportunity (BO) lokal serta 37% waralaba asing. Omzetnya Rp 172 triliun per tahun," jelas Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dalam acara Indonesia Franchise and SME Expo (IFSE) 2016 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan, Jumat (25/11/2016).

Dari segi bisnis, pelaku UMKM juga bisa memperbanyak jumlah gerainya tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Pemilik merek hanya perlu menjual merek dagang mereka ke pembeli yang kemudian dapat membuka cabang di daerah lain.

"Dalam waktu yang singkat pertumbuhannya itu jauh lebih cepat. Daripada dia membuka cabang sendiri," tutur Enggar.

Terus bertumbuhnya usaha waralaba di Indonesia juga mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Hal ini juga bisa membuat kemandirian ekonomi Indonesia, sehingga tidak mudah mengalami gejolak akibat ketidakpastian global.

"Pertumbuhan waralaba ini menyerap tenaga kerja yang besar dan menyerap produk dalam negeri yang banyak. Ini akan didorong karena dalam kondisi ekonomi yang global seperti ini maka pasar domestik yang dijaga dari kacamata bisnis kuliner dan jasa," tutup Enggar.

Sumber:
Ardan Adhi Chandra - detikFinance
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3354501/tumbuh-pesat-omzet-waralaba-di-ri-capai-rp-172-ttahun